Inilah Komponen PC Gaming Paling Penting Saat Merakit Komputer Idaman


PC gaming

Merencanakan bangun PC gaming idamanmu? Sebelum Anda menghitung uang Anda, alangkahkan Anda menjalankan tips singkat untuk beberapa jenis komponen yang diperlukan untuk membuat game PC sendiri, dan uang yang Anda butuhkan tidak terbuang percuma.

Yang paling penting sebelum kamu punya niat untuk membangun PC game adalah pada game seperti yang akan kamu mainkan yang nantinya bisa menjadi penentu harga PC yang perlu kamu rakit. Kikiran arah Anda ingin mainkan game dengan kualitas gambar yang tajam, pasti Anda cukup untuk uang banyak untuk merakit PC itu. Namun kalaupun tujuanmu hanya untuk bermain game seperti DOTA 2 dan CS: GO, Anda dapat mengirit cukup banyak uang untuk dapat masuk ke dalam.

Utamanya ada uang, ada kualitas yang diperoleh. Tapi itu semua kembali pada kamu, kualitas permainan seperti apakah yang kamu kehendaki? Apa kamu ingin bermain game dengan kualitas gambar yang bagus, jernih, dan memikat? Atau kamu termasuk juga gamer yang bermain game apa yang ada? Sebutan lain yang terpenting gamenya jalan, kemampuan nomer satu, pencetak grafis. Disini saya akan teman-teman Anda lihat komponen-komponen game pc yang terpenting untuk mengambil game PC idamanmu.
Berikut Komponen PC Gaming Sangat Terpenting Waktu Merakit Komputer Idaman

1. CPU

Inilah Komponen PC Gaming Paling Penting Saat Merakit Komputer Idaman

CPU adalah otak dari setiap-PC yang ada didunia ini, tanpa CPU pasti PC tidak bisa bekerja. Untuk penuhi kebutuhanmu dalam bermain game, diperlukan CPU yang cerdas akan permainan bisa berjalan tanpa masalah. Ada 2 hal yang butuh Anda lihat dalam memilih CPU, yang pertama merupakan CLOCK SPEED (umumnya panggilan berapakah GHz). Yang ke-2 merupakan PELORE INTI (Dual Core, Quad Core, Hexa Core, dan lain-lain).

Saat dengar nama di CPU, kamu akan TIDAK JAUH-jauh Dari 2 HAL, yakni Intel Serta AMD. Ada beberapa macam CPU yang di produksi oleh ke-2 perusahaan itu. Berbagai macam CPU membuat Anda dapat mencari CPU yang sama dengan biaya uang yang kamu punya.

Intel Core i3 4370 dan AMD A8 7650K adalah CPU yang bisa Anda pertimbangkankan untuk otak untuk game PC idamanmu. Ke-2 CPU yang ada dalam rata-rata harga dibawah 2 juta rupiah ini sudah cocok untuk Anda yang ingin bermain game seperti DOTA2, CS: GO, Poin Blank, dan sekelasnya.

Dua CPU di atas adalah dua CPU kelas yang dapat digunakan untuk membangun game PC idamanmu. Anda masih bisa bingung, Anda dapat masuk ke web CPUBoss agar dapat mengetahui banyak seri CPU dan Intel AMD menjadi komponen game PC. Anda dapat juga memperbandingkan mana yang lebih baik dari beberapa CPU yang Anda buat jadi pertimbangan.

2. GPU

Inilah Komponen PC Gaming Paling Penting Saat Merakit Komputer Idaman

Sesudah kamu mendorong mikirin CPU dan juga memastikan CPU mana yang bisa menjadi otak untuk game PC idamanmu, saat ini saatnya kartu grafis atau dengan GPU. GPU ngebahas pasti ngga akan jauh-jauh dari yang namanya Nvidia dan AMD Radeon. Dua vendor ini adalah saingan berat dalam menghasilkan kartu grafis untuk memanjakan mata beberapa gim waktu bermain game.

Agen judi online aman dan terpecaya, ayo segera daftar

Game yang akan Anda mainkan pasti membutuhkan GPU menjadi otak ke-2 dalam PC kamu. Penampilan GPU untuk memberikan kualitas gambar yang bagus dalam bermain game hingga Anda dapat menikmati permainan itu. Akan tetapi, GPU adalah pil pahit buat seseorang gamer. Mengapa? Karena GPU adalah salah satu komponen utama yang diperlukan dalam permainan PC dan merupakan bagian dari game PC yang digunakan untuk membuat game PC.

Dengan demikian, Anda tidak dapat memilih dan memastikan GPU seperti yang Anda perlukan, Anda dapat melihat rujukan di GPUBoss. Web itu akan memberi Anda detail GPU dari beberapa jenis merk dan jenis hingga Anda dapat memastikan GPU seperti apa yang sesuai dengan untuk Anda dan juga untuk gaming Anda.

Masukan gambar gambar ini Menjadi input saja, Anda dapat jadikan Nvidia GTX 950 atau AMD Radeon R7 370 menjadi pertimbangan Anda dalam memastikan GPU seperti yang akan Anda beli. Ke-2 GPU itu telah dapat menggerakkan game seperti DOTA 2 atau CS: GO dengan kualitas gambar yang tajam.

3. RAM

Inilah Komponen PC Gaming Paling Penting Saat Merakit Komputer Idaman

ini tidak dapat digunakan untuk membuat game yang ingin mainkan dengan mulus tanpa patah-patah (lag). Untuk standar minimal game PC, RAM dengan kemampuan 8 GB cukuplah cukup. Akan tetapi, Anda akan menghasilkan uang lebih banyak, kemampuan RAM 16 GB untuk dicoba. Tidak hanya kemampuan RAM, Anda juga butuh sedikit peningkatan dari RAM tersebut. Untuk PC gaming kamu, RAM dengan frekwensi 1600 MHz merupakan standar minimal. Kamu bisa beli RAM dengan frekwensi lewat 1600 MHz, seperti 2200 MHz akan tetapi hal seperti ini tidak perlu untuk melakukan game saat Anda memakai GPU.

Saya juga mereferensikan kamu untuk memakai dual-channel RAM ketimbang single-channel. Misalnya, Anda ingin memakai RAM dengan kemampuan 8 GB, Anda lebih baik memakai dua keping RAM 4 GB daripada memakai 1 keping RAM 8 GB, Mengapa? Karena kamu akan membeli bandwidth memori yang semakin banyak. Saat ini generasi baru tiba di DDR4, akan tetapi Anda memiliki Motherboard vs lama, mungkin saja Anda dapat membeli RAM DDR3.

4. Motherboard

Inilah Komponen PC Gaming Paling Penting Saat Merakit Komputer Idaman

CPU sudah, GPU telah, RAM sudah, ditambah lagi ya? Nah, Motherboard atau Mobo merupakan komponen PC gaming tempat terpasangnya CPU, GPU, dan RAM yang telah Anda tetapkan. Dalam memilih Motherboard, Anda mesti mencocokan socket yang berada di Motherboard dengan CPU yang sudah Anda tetapkan. Misalnya, untuk Intel Core i5-2500 akan membutuhkan soket LGA 1155. Ini cukup, Anda mesti mencari Motherboard atau Mobo yang memiliki soket LGA 1155 hingga CPU Intel Core i5-2500 bisa dipasang pada Mobo itu.

Sama seperti dengan CPU AMD, ada CPU yang tidak memiliki soket AM2, AM3 +, dan lain-lain, hingga Anda mesti berhati-hati dalam mencocokan CPU yang telah Anda tetapkan dengan Mobo yang akan Anda beli. Sesudah mencocokan socket CPU, Anda harus juga memeriksa socket RAM yang dipakai, apa itu DDR3 atau DDR4. Jika Anda ingin membeli memiliki socket RAM DDR4, Anda harus membeli RAM DDR4, sama seperti dengan socket DDR3.

Ada banyak yang bermacam, ada Mini-ITX, Micro-ATX, ATX, serta Extended-ATX. Itu semua adalah bermacam tipe tipe Mobo berdasar pada ukurannya. Ukuran Mobo paling kecil merupakan tipe Mini-ITX dan untuk Mobo paling besar merupakan Extended-ATX. Ketidaksamaan ukuran Mobo akan menyebabkan ketidaksamaan fitur yang ada dalam Mobo itu.

Misalnya, pada Mobo ketik Mini-ITX, Anda akan diberikan 2 port USB 3. 0 dan cukup dapat menempatkan 1 GPU, dan 2 keping RAM. Akan tetapi perihal lainnya dengan Mobo bertipe Extended-ATX, ada yang dapat diakses 8 port USB 3. 0 juga dapat menempatkan lebih dari 1 kartu grafis (GPU) dan lebih dari 2 keping RAM. Tidak hanya dari ukuran Mobo, tentulah harga juga jadi pembeda dari bermacam jenis Mobo yang ada. Sampai saat ini, siapa yang ingin Anda pakai? Apa Mobo yang mini hingga kelak bentuk PC kalian akan minimalis, atau Mobo dengan ukuran besar hingga PC kalian akan memiliki fitur yang lebih kompletaskan PC dengan Mobo ukuran kecil.

5. Case

Inilah Komponen PC Gaming Paling Penting Saat Merakit Komputer Idaman
kecilnya mobo akan ada masalah dengan penetapan kasus, ada banyak jenis kasus seperti Mini-ITX chassis untuk Mobo Mini-ITX, Micro Tower untuk Mobo Micro-ATX, Mid Tower untuk Mobo ATX, dan juga Full Tower untuk Mobo Extended-ATX. Makin besar ukuran kasus pasti akan makin mahal harganya. Yang butuh kamu lihat dalam beli kasus merupakan:

Saluran hawa pada kasus tersebut
Tempat manajemen kabel dalam
hal ini adalah hal yang merupakan hal utama untuk membuat komponen-komponen PC gaming terpasang rapi hingga aliran hawa Berjalan dengan lancar. Anda dapat memiliki kreatifitas yang cukup tinggi, Anda dapat membuat sendiri hal-hal untuk komponen PC gaming milikmu hingga Anda memiliki kasus yang unik. Ada kemungkinan layanan pembuatan dari Anda yang mungkin Anda coba jika Anda tidak ingin membeli kasus yang sudah ada.

6. Cooler

Inilah Komponen PC Gaming Paling Penting Saat Merakit Komputer Idaman

CPU telah, GPU telah, RAM serta Mobo telah, Kasus juga telah. Ditambah lagi nih? Ya, kamu benar! Cooler atau pendingin. Untuk mainkan game, pastinya CPU serta GPU akan bekerja semaksimal mungkin saja supaya bisa membuahkan kualitas gambar tajam yang bisa memanjakan mata. Oleh karenanya dibalik kerja optimal CPU serta GPU, juga bakal muncul panas. Panas berikut sebagai permasalahan utama dalam bermain game, jika saluran hawa dalam kasus kamu tidak ditata dengan baik, jadi panas itu bisa memperpendek umur dari komponenmu, terpenting umur CPU serta GPU.

Saat kalian beli CPU serta GPU, pasti kalian akan memperoleh kipas pendingin dalam paket pembeliannya. Dengan memakai kipas pendingin dari paket pembelian sebetulnya cukup sudah jika kalian tidak bermain game kurun waktu yang lama. Tetapi rasa-rasanya, bermain game bukan sekedar cukuplah kurun waktu 15 menit kan? Ditambah lagi game seperti Dark Souls atau Batman : Arkham Knight, yang jalan cerita dalam gamenya tetap membuat ingin tahu. Nah kalaupun kamu telah termasuk juga yang seperti begitu, kamu mesti memperhitungkan untuk ganti kipas pendingin kamu (terpenting pada CPU) dengan kipas pendingin yang bisa menghilangkan panas lebih baik dari kipas pendingin yang kamu bisa waktu beli CPU.

Ada 2 type kipas pendingin, yakni kipas pendingin hawa serta kipas pendingin memakai aliran air (water cooling). Tentunya pendingin water cooling mempunyai harga tambah mahal dari pendingin hawa, akan tetapi water cooling dapat mendinginkan CPU lebih baik dibanding pendingin hawa umum. Ukuran dari kipas pendingin serta kecepatan kipas (RPM) butuh dilihat untuk membuahkan saluran hawa yang optimal hingga panas yang muncul akan tidak tinggal terlalu lama didalam kasus.

7. Solid State Disk (SSD) serta Hard Disk

Inilah Komponen PC Gaming Paling Penting Saat Merakit Komputer Idaman

Menurut Saya pribadi, memakai SSD (Solid State Disk) untuk keperluan gaming merupakan satu kewajiban. Kamu dapat memakai SSD memiliki 240 GB untuk tempat Operating Sistem serta game kamu. Kalaupun kamu tidak mempunyai uang yang banyak, kamu dapat memakai SSD dengan kemampuan 120 GB. Mengapa mesti pakai SSD? Karena SSD mempunyai kecepatan baca/catat yang tambah tinggi dari HardDisk hingga game akan berjalan lebih lancar serta cepat.

masukan gambaran gambar disini
Tetapi, kalaupun kamu tidak miliki cukuplah uang juga untuk beli SSD, kamu tidak butuh susah, kamu masih tetap dapat memakai HardDisk. Akan tetapi, kamu mesti jeli dalam beli HardDisk untuk keperluan gaming kamu. Yakinkan kamu beli HardDisk dengan kecepatan 7200 RPM karena dengan kecepatan itu game bisa berjalan dengan lancar. HardDisk Western Digital Black atau Seagate Barracuda bisa kamu buat jadi pertimbangan, karena kedua-duanya mempunyai kecepatan 7200 RPM. Berlainan dengan SSD, Hard Disk mempunyai kemampuan yang semakin besar dengan harga yang relatif tambah murah. Kamu dapat beli HardDisk dengan kemampuan 1 TB (1000 GB) dengan harga yang relatif tambah murah bila dibanding dengan harga SSD dengan kemampuan 240 GB.

8. Power Suplai Unit (PSU)

Inilah Komponen PC Gaming Paling Penting Saat Merakit Komputer Idaman

Komponen yang satu ini merupakan komponen yang paling penting dari semua komponen yang telah serta akan kita ulas. Semahal-mahalnya CPU serta GPU dan Mobo yang kamu beli, tanpa Power Suplai PC kamu tidak akan dapat nyala.

Kalaupun kamu telah sampai step pilih Power Suplai, kamu mesti tahu kalaupun Power Suplai itu mempunyai beberapa jenis kemampuan, yakni dari rata-rata 300 Watt sampai 1000 Watt. Saat ini pertanyaannya merupakan berapakah kemampuan Power Suplai yang perlu kamu beli? Nah kamu mesti tahu dahulu berapakah Watt mengkonsumsi daya dari tiap-tiap komponen PC gaming yang sudah kamu tetapkan awal mulanya. Dari mulai CPU, GPU, RAM, Mobo, Cooler, sampai SSD serta HardDisk. Ada banyak web yang menyiapkan perhitungan mengkonsumsi daya dari tiap-tiap komponen itu hingga kamu dapat tahu berapakah Watt kemampuan PSU yang kamu perlukan.

Baca Juga :  Instal Ulang Komputer, Menyelesaikan Masalah dan Bisa Menghasilkan

masukan gambaran gambar disini
Tidak hanya kemampuan daya atau Watt, Saya merekomendasikan untuk beli PSU dengan rating 80 PLUS atau lebih baik dibanding itu. 80 PLUS bermakna jika PSU kamu mempunyai tingkat efisiensi sampai 80% jika dibebani lebih dari 20% kapasitasnya. Beberapa perusahaan yang mempunyai reputasi baik dalam produksi PSU diantaranya, Corsair, EVGA, Seasonic, serta Cooler Master.
Type Power Suplai juga bisa kamu buat jadi pertimbangan. Power Suplai terdiri jadi dua type, yakni non-modular serta modular. Non-modular bermakna kabel yang keluar dari Power Suplai itu tidak bisa dibongkar pasang. Berlainan perihal dengan yang modular, kabel yang keluar dari PSU modular bisa dibongkar pasang sama dengan keperluan. Hal itu akan membuat manajemen kabel jadi bertambah nyaman hingga komponen kamu terpasang dengan rapi didalam kasus.

Nah itu beberapa komponen terpenting yang butuh kamu lihat waktu merakit suatu PC gaming. Kalaupun kamu perlu referensi detail untuk PC gaming kamu, kamu dapat memandangnya di sejumlah website seperti Game-Debate atau PC Part Picker. Dalam Game-Debate, kamu dapat bangun detail PC berdasar pada game yang ingin kamu mainkan sedang di PC Part Picker, ada sebagian orang yang sudah membuat daftar referensi dari detail tiap-tiap komponen yang dibutuhkan untuk membuat suatu PC gaming.