3 Komponen Utama Pembangun Sistem Komputer (Hardware, Software, dan Brainware)


Untuk mengoperasikan suatu computer, ada 3 komponen paling utama yang perlu tercukupi. Lantaran ketiganya itu mempunyai peran yang sangatlah utama. Bila kurang satu saja dari 3 kopmonen itu, jadi dapat di pastikan computer akan tidak pernah dapat di operasikan. Dengan kata lain, ketiga komponen itu tak dapat dipisahkan, serta mempunyai peran yang mengikat.

Sistem Komputer

Ketiga komponen yang disebut yaitu piranti keras (Hardware), piranti lunak (Software), serta manusia/pemakai (Brainware). Tersebut disini penjelasan perihal ketiga komponen itu.

HARDWARE

Hardware atau piranti keras adalah komponen dalam system computer yang dengan cara fisik bisa dipandang serta diraba keberadaannya. Jika tak ada tak ada piranti keras dalam system computer, jadi akan tidak ada yang dioperasikan. Piranti keras (Hardware) itu terdiri atas piranti input/output, piranti penyimpanan, piranti pemroses. Semasing piranti itu adalah, keyboard, mouse, monitor, hardisk, RAM, CPU, dan sebagainya. Piranti-perangkat keras itu sama-sama membuat satu kesatuan hingga bisa digunakan.

SOFTWARE

Software atau piranti lunak adalah satu program yang dipakai dalam computer berbentuk intruksi-intruksi (perintah) yang bisa dimnegerti oleh computer. Software inilah yang mengoperasikan piranti keras yang ada pada computer. Tidak ada software, piranti keras computer akan tidak dapat dioperasikan.

Pikirkan saja bila tak ada software, bagaimanakah piranti keras yang ada bakal dioperasikan. Karenanya ada software itu, kita bisa meminta computer untuk lakukan beragam jenis pekerjaan, seperti mengetik, mendengar musik, melihat video, dan sebagainya.

Software paling utama yang perlu ada pada computer yaitu system operasi, baru lalu system operasi itu dilengkapi dengan beragam jenis aplikasi default ataupun aplikasi penambahan yang lain bila dibutuhkan.

BRAINWARE

Brainware adalah pengguna atau pemakai computer, dengan kata lain yaitu orang yang mengoperasikan piranti keras computer lewat software yang ada di computer itu. Secanggih apa pun computer, bila tak ada pemakai yang mengoperasikan (barinware), jadi kehadiran computer itu sama juga percuma. Lantaran computer itu akan tidak dapat bekerja sendiri tanpa ada dioperasikan oleh penggunanya.

Ketiga komponen di atas, hardware, software, serta brainware mempunyai manfaat serta peran yang mengikat atau sama-sama terkait satu dengan yang lain. Bila satu komponen saja tak tercukupi, jadi computer itu akan tidak pokercc pernah dapat beroperasi. Lantaran computer hanya suatu rangkaian elektronika yang cuma berperan bila di dukung dengan komponen yang lain, yakni software serta brainware.